Artikel Pilihan Editor

APBN 2020 Harus Mampu Beri Stimulus Pertumbuhan dan Pemerataan

APBN 2020 Harus Mampu Beri Stimulus Pertumbuhan dan Pemerataan

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, tantangan yang harus dihadapi tahun 2020 terus meningkat dan tidak mudah. Karena itu dirinya menekankan untuk mengantisipasi dinamika perekonomian dunia yang berubah secara dinamis dan terus bergerak.

"Dan kuncinya, peningkatan daya tahan serta daya saing ekonomi kita,” ujarnya saat memimpin Rapat Terbatas tentang Ketersediaan Anggaran dan Pagu Indikatif Tahun 2020 di Kantor Presiden, Jakarta, Senin 22 April 2019.

Ia menambahkan, APBN 2020 harus mampu memberikan stimulus bagi peningkatan ekspor dan investasi, serta menjadi stimulus pertumbuhan ekonomi yang berkualitas, pertumbuhan ekonomi yang merata dan berkeadilan.

Terkait dengan penyusunan Pagu Indikatif 2020, Presiden Jokowi mengingatkan, yang pertama untuk kesinambungan pembangunan kita harus fokus pada penguatan SDM dan perlindungan sosial, menyambung apa yang telah dimulai 2019. Yang kedua, rencana anggaran untuk 2020 harus detail dan sesuai dengan prioritas pembangunan, dan juga yang paling utama haus bisa dilaksanakan dan bisa diukur hasilnya.

 


Komentar