Artikel Pilihan Editor

Konflik Papua, Kapolri Bakal Berkantor di Papua?
Presiden Joko Widodo didamping Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersam Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian
Presiden Joko Widodo didamping Panglima ...

Konflik Papua, Kapolri Bakal Berkantor di Papua?

Jambipro, Jakarta - Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian, mengatakan kondisi di Papua dan Papua Barat sudah relatif aman dan berangsur kondusif pasca aksi unjuk rasa berujung kerusuhan di sejumlah wilayah tersebut.

Ia menambahkan, pihaknya telah menyiagakan ribuan personel gabungan bersama TNI untuk mengamankan situasi di dua provinsi tersebut.

"Papua sudah relatif aman. Pasukan dari Polri maupun TNI yang sudah turun ke Papua dan Papua Barat itu lebih hampir 6.000 itu ada di Jayapura, Manokwari, Sorong, kemudian di Paniai, Deiyai, Nabire, Fakfak. Kita standby-kan juga pesawat dari Polri maupun TNI termasuk heli kalau seandainya diperlukan," ujarnya di Jakarta, Minggu (1/9/2019).

Ia menjelaskan, banyak pihak yang telah turut membantu untuk berdialog masyarakat setempat guna meredam kerusuhan. "Banyak pihak termasuk paguyuban dan masyarakat Papua yang asli juga sudah melakukan banyak dialog. Kemudian kita tetap menggelar pasukan di sana sampai dengan situasi aman, masyarakat merasa terjamin keamanannya," jelasnya.

Tito menegaskan, bakal terjun langsung selama beberapa hari untuk memastikan situasi di Papua aman.  Bahkan, siap mengirimkan pasukan tambahan kembali apabila memang diperlukan nantinya.

"Saya akan paling tidak mungkin 4-5 hari atau seminggu akan ada di situ, sampai situasi benar-benar aman. Kalau kurang saya akan menambahkan pasukan. Kalau ada yang melakukan kerusuhan kita akan tegakkan hukum pada mereka," terangnya.


Komentar