Artikel Pilihan Editor

Waduh! Layanan Internet di Papua dan Papua Barat Masih Diblokir?

Waduh! Layanan Internet di Papua dan Papua Barat Masih Diblokir?

Jambipro, Jakarta - Jejaring internet di Papua dan Papua Barat hingga kini masih diblokir, pasca unjuk rasa berujung kerusuhan yang terjadi di dua provinsi itu.

Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Wiranto, mengatakan saat ini pihaknya masih belum memulihkan layanan internet di wilayah Papua dan Papua Barat lantaran belum normalnya situasi disana.

"Belum (dipulihkan layanan internetnya). Sekarang masih belum ada laporan (situasi benar-benar normal) itu tadi," ujarnya di Jakarta, Senin (2/9/2019).

Meski demikian, Wiranto berjanji pemulihan layanan internet hingga penarikan aparat gabungan TNI-Polri akan dilakukan apabila situasi sudah berlangsung normal kembali.

"Internet itu kan saya sudah janji. Internet lalu penarikan pasukan. Tapi karena keadaan seperti ini, terpaksa kita lakukan itu dan saya berjanji akan tarik pasukan, akan kita kembalikan normal media sosial kita agar aktivitas tidak terganggu. Kalau keadaan betul-betul normal, detik itu akan kita normalkan lagi," jelasnya.

Menurutnya, pembatasan layanan data internet itu dilakukan bukan tanpa sebab. Hal itu terjadi karena merupakan reaksi dari aksi kerusuhan yang ditimbulkan.

"Aktivitas (pemblokiran dan penambahan pasukan) ini kan ada satu reaksi karena ada aksi. Kalau nggak ada aksi yang timbulkan kerusuhan dan suasana panas, nggak ada pelemotan medsos, penambahan pasukan," tutupnya.


Komentar