Artikel Pilihan Editor

Awas! Udara di Jambi Kategori Berbahaya

Awas! Udara di Jambi Kategori Berbahaya

Jambipro, Jambi - Asap tebal menyelimuti Kota Jambi sejak Kamis (5/9/2019) malam hingga Jumat (6/9/2019) pagi. Tebalnya asap membuat kualitas udara di kota itu masuk kategori berbahaya. Bau asap sangat terasa menyengat hingga ke dalam rumah. Selain itu asap tebal juga menyebabkan penerbangan di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin (STS) Kota Jambi terganggu.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemerintah Kota Jambi, Abubakar, mengatakan tebalnya asap di Kota Jambi sejak Kamis malam hingga Jumat pagi membuat indeks standar pencemaran udara (ISPU) di kota itu meningkat drastis dan masuk kategori berbahaya.

“Berdasarkan pantauan kami pada alat pengukur kualitas udara di depan kantor Wali Kota Jambi, ISPU di Kota Jambi sejak Kamis malam hingga Jumat pagi ini mencapai 349 partikel per million (ppm). ISPU tersebut jauh di atas standar baku mutu udara di bawah 100 ppm. Tingginya ISPU tersebut membuat kualitas udara di Kota Jambi masuk kategori berbahaya," ujarnya.

Menurut Abubakar, di tengah memburuknya kualitas udara tersebut, warga Kota Jambi diharapkan menggunakan masker di luar rumah. Kemudian anak-anak yang sekolah juga diimbau agar tidak bermain di luar ruang kelas.

Drastisnya peningkatan ketebalan asap di Kota Jambi sejak Kamis malam disebabkan meluasnya karhutla di Provinsi Jambi sepekan ini, terutama sejak Rabu-Kamis (4 - 5/9/2019). Karhutla di Jambi terjadi di enam kabupaten. Karhutla di daerah itu hingga Jumat belum seluruhnya padam.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jambi, Bachyuni Deliansyah, mengatakan jumlah titik api yang terpantau di enam kabupaten di Jambi hingga Jumat (6/9/2019) pagi mencapai 62 titik. Titik api paling banyak ditemukan di Kabupaten Tanjungjabung Timur, yakni sekitar 50 titik. Kemudian titik api di Kabupaten Tanjungjabung Barat sebanyak tiga titik, Muarojambi (lima titik), Sarolangun (dua titik), Bungo dan Merangin masing-masing satu titik.

"Pemadaman karhutla di beberapa lokasi di Jambi, khususnya di Tanjungjabung Timur dan Muarojambi masih terus dilakukan hingga Jumat ini. Pemadaman karhutla dilakukan juga melalui water bombing  (pengeboman air) melalui udara menggunakan helikopter," katanya.


Komentar